Prosedur Peminjaman dan Pengembalian Koleksi di Perpustakaan Pusat UNP

Cara Meminjam dan Mengembalikan Koleksi di Perpustakaan Pusat UNP


Pada perpustakaan, salah satu layanan yang berhubungan langsung antara pustakawan dengan pemustaka dan layanan yang sering digunakan oleh pemustaka adalah layanan sirkulasi. Sirkulasi atau circulation berarti perputaran atau peredaran. 

Layanan sirkulasi dalam perpustakaan melibatkan seluruh jenis kegiatan pencatatan yang berhubungan dengan peminjaman dan pengembalian buku. Selain itu, layanan ini juga menyangkut urusan keanggotaan, bebas pinjam, sanksi, peringatan waktu peminjaman koleksi, dan penagihan denda. 


A. Prosedur Peminjaman Koleksi

  1. Pemustaka mencari buku melalui OPAC atau langsung menuju rak buku dan mengisi date slip.
  2. Pemustaka menyerahkan buku (maksimal peminjaman 4 buku) dan KTM ke pustakawan bagian peminjaman.
  3. Pustakawan memeriksa kelengkapan fisik buku, kebenaran data pemustaka, dan memastikan jumlah buku yang dipinjam.
  4. Pustakawan memasukkan NIM dan men-scan barcode atau RFID tag buku ke sistem informasi perpustakaaan dan memberi stempel tanggal pengembalian.
  5. Buku yang sudah tercatat dalam peminjaman diserahkan kepada pemustaka. Peminjaman buku diberi waktu selama tujuh hari.


B. Prosedur Pengembalian Koleksi

  1. Pemustaka membawa buku yang akan dikembalikan ke pustakawan bagian pengembalian.
  2. Pemustaka menyerahkan KTM dan buku yang akan dikembalikan kepada pustakawan untuk diproses.
  3. Pustakawan memasukkan NIM dan men-scan RFID tag buku, dan otomatis tercatat ke sistem informasi perpustakaan untuk pengembalian buku
  4. Status peminjaman koleksi akan keluar dari akun portal akademik mahasiswa dan pengembalian sudah selesai.


C. Layanan Sidaring

Layanan Sidaring (Sirkulasi dalam jaringan) adalah layanan peminjaman dan pengembalian online yang dikembangkan oleh Perpustakaan Pusat UNP saat covid-19. Layanan Sidaring memungkinkan pemustaka untuk meminjam dan mengembalikan koleksi tanpa harus berkunjung ke perpustakaan. Pemustaka mencari buku yang akan dipinjam melalui OPAC UNP, kemudian menghubungi pustakawan untuk pemesanan buku. Pustakawan akan mengirimkan buku yang dipesan ke alamat pemustaka. 

Kini, banyak pemustaka yang memakai layanan sidaring untuk perpanjangan peminjaman koleksi. Pemustaka cukup menghubungi nomor tertera, kemudian menyebutkan nama dan NIM dan sudah tercatat untuk peminjaman buku kembali. Jika lewat dari tanggal pengembalian, maka pemustaka terkena denda sebesar Rp1.000,00/sehari dan dibayarkan melalui Qris

Dalam hal peminjaman dan pengembalian buku, beberapa pemustaka jarang menggunakan layanan ini dikarenakan perpustakaan yang terletak di area kampus dan tidak terlalu jauh. Mereka lebih senang datang langsung ke perpustakaan dan melakukan peminjaman atau pengembalian buku secara langsung.


Perpanjangan masa peminjaman dengan online tanpa harus datang ke perpustakaan menggunakan Layanan Sidaring dengan menghubungi salah satu admin berikut pada jam kerja (Senin-Jumat pukul 07.00-15.30 WIB)

Ibu Dina Aulia Sari : 081363429411

Ibu Ridha Prima Adri : 081363416996


Berikut ini tersedia petunjuk dari Perpustakaan Pusat UNP mengenai alur peminjaman koleksi:


Komentar

  1. Muhammad Roofid Zain15 Oktober 2023 pukul 21.34

    Tata cara melakukan pinjam dan mengembalikannya sangat mudah di pahami, terimakasih kak saya sangat terbantu untuk melalukan peminjaman di perpustakaan unp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama-sama, senang sekali jika blog ini bisa membantu Anda. Nantikan update selanjutnya ya!

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Impact of Artificial Intelligence (AI) on University Students: An Opportunity or a Threat?

Layanan Digital di Perpustakaan Pusat UNP